Kamis, 28 Oktober 2010

PERAN SERTA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA DALAM PENUMBUHAN DAN PENGEMBANGAN KOPERASI DAN UKM DI KOTA TANGERANG SELATAN PROPINSI BANTEN

PERAN SERTA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
DALAM PENUMBUHAN DAN PENGEMBANGAN KOPERASI DAN UKM
DI KOTA TANGERANG SELATAN PROPINSI BANTEN

PROPOSAL PENELITIAN

PERAN SERTA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
DALAM PENUMBUHAN DAN PENGEMBANGAN KOPERASI DAN UKM
DI KOTA TANGERANG SELATAN PROPINSI BANTEN

Peneliti :
Ketua : Indoyama Nasruddin, SE, MAB
Anggota :
1. Amir Syarifuddin, SH, MM


2. Drs Slamet Riyadi, MM

3. Drs Aminuddin, M.Ag.






FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
TAHUN 2010



A. Latar Belakang Masalah
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 031 Tahun 2002. Seperti diketahui bahwa sebelumnya perguruan tinggi Islam ini bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dengan sejarah panjang selama setengah abad sebagai institusi pembelajaran dan transmisi ilmu pengetahuan, serta institusi riset yang mendukung proses pembangunan bangsa dan sebagai institusi pengabdian masyarakat yang menyumbangkan program-program peningkatan kesejahteraan sosial.
IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta lahir bersama IAIN Sunan Kalijaga Yogtakarta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 49 Tahun 1963 . Pada saat peresmiannya IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas adab, dan Fakultas Ushuluddin di Jakarta serta Fakultas Syariah di Serang. Disamping itu, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga mengkoordinasikan Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah di Banda Aceh dan Palembang.
Selanjutnya dalam masa dua tahun dari 1963 sampai dengan 1965 dibuka fakultas-fakultas baru yaitu Fakultas Tarbiyah di Serang, Cirebon, Padang, dan Pekanbaru serta Fakultas Syariah di Jambi. IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai salah satu IAIN pertama di Indonesia yang bertempat di ibukota Jakarta, menempati posisi yang unik dan strategis. Ia tidak hanya menjadi “Jendela Islam di Indonesia”, tetapi juga sebagai symbol bagi kemajuan pembangunan nasional khususnya di bidang pembangunan sosial-keagamaan.
Di dalam pedoman akademik 2007-2008 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dikemukakan latar belakang berdirinya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bahwa IAIN dengan mandat yang lebih luas (IAIN with wider mandate) menuju terbentuknya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki visi yaitu menjadikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi terkemuka dalam mengintegrasikan aspek keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan. Sedangkan salah satu misinya adalah memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Dalam rangka memperkuat peranannya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berkomitmen untuk mengembangkan diri sebagai Universitas Riset (Research University) dan Universitas Kelas Dunia (World Class University). Dalam hal ini tentu harus mengarah untuk membangun jaringan kerjasama yang dirancang dalam berbagai tingkatan termasuk program-program pengabdian masyarakat (social services) yang dilakukan oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM). LPM melaksanakan, mengkoordinasikan, mengembangkan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.
Memperhatikan teori lingkungan (General System Theory), yang dikemukakan oleh Setiawan HP dan Zulkieflimasyah dalam Managemen Strategi (1999 : 25) bahwa organisasi dewasa ini lebih merupakan suatu system terbuka (open systems), maka organisasi sangat dipengaruhi dan berinteraksi secara konstan dengan lingkungan yang melingkupinya. Oleh karena sebagai organisasi, maka UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sangat dipengaruhi pula oleh lingkungannya antara lain masyarakat bisnis berupa pengusaha yang bergerak dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Sesuai dengan piagam kerjasama antara Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang ditandatangani Walikota Tangerang Selatan dengan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Nomor 2010 dan Nomor Un.01/R/OT.01.2/2010 disepakati mengadakan perjanjian kerjasama memanfaatkan kapasitas dan kemampuan sumberdaya para pihak dalam meningkatkan pembangunan di wailayah Tangerang Selatan yang mencakup bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, meliputi aspek-aspek dakwah, kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, hukum dan teknonologi.
Hasil survey terhadap Koperasi/UKM/UMKM di sekitar kampus yang dilakukan bulan Februari – Maret 2010 menunjukkan bahwa semua Koperasi/UKM/UMKM di sekitar kampus yang berjumlah sekitar 500 Koperasi/UKM/UMKM siap bekerjasama dengan Pimpinan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pemerintah setempat , serta masyarakat di sekitar kampus untuk memajukan Koperasi/UKM/UMKM serta meningkatkan kesejahteraan mahasiswa serta masyarakat sekitar kampus.
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Syarif Hidayatullah memiliki visi mewujudkan sarjana ekonomi dan ilmu sosial yang profesional, berilmu, beriman, dan kreatif, mampu mengenali, mengamati, membuat penalaran permasalahan berdasarkan teori ilmu ekonomi dan sosial, dengan administrasi bisnis modern, dalam rangka mewujudkan masyarakatr madani yang demokratis dan bermoral Islam.
Berdasarkan hal tersebut diatas kiranya cukup menjadi alasan bagi penulis yang berlatar belakang pengetahuan dan pengalaman manajemen dan ilmu sosial dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk mengetahui sejauh mana peran serta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam penumbuhan dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai manifestasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya di sekitar kampus UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten.
B. Identifikasi Masalah
Untuk mengetahui peran serta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam penumbuhan dan pengembangan Koperasi dan UKM/UMKM, maka identifikasi masalahnya sebagai berikut:
1. Bagaimana peran serta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang signifikan dalam penumbuhan dan pengembangan Koperasi /UKM/UMKM di kota Tangerang Selatan ?
2. Apa bentuk peran serta di sekitar kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ?
3. Berapa perbandingan peran serta yang telah diberikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kepada Koperasi/UKM/UMKM ?
4. Apakah terdapat harapan masyarakat bisnis UMKM kepada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai pertumbuhan dan pengembangan Koperasi/UKM/UMKM tersebut?
C. Pembatasan dan Perumusan Masalah
a. Pembatasan Masalah
1. Masa penelitian dibatasi pada tahun periode Akademik 2004/2005 hingga 2009/2010, mengingat peresmian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta baru mulai pada 8 Juni 2002.
2. Populasi penelitian hanya mencakup masyarakat bisnis Koperasi/UKM/UMKM di sekitar kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kecamatan Ciputat dan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten.
b. Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi dan batasan masalah tersebut diatas, maka disusunlah perumusan masalah sebagai berikut:
1. Seberapa besar pengaruh peran serta terhadap dalam penumbuhan dan pengembangan Koperasi/UKIM/UMKM ?
2. Apakah terdapat harapan dari masyarakat bisnis Koperasi/UKM/UMKM kepada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?
3. Mengapa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta perlu berperan serta dalam penumbuhan dan pengembangan Koperasi/UKM/UMKM di kota Tangerang Selatan?
4. Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam upaya penumbuhan dan pengembanganKoperasi/UKM/UMKM di kota Tangerang Selatan ?

D. Hipotesis
Berdasarkan identifikasi, pembatasan masalah dan perumusan masalah tersebut diatas,
maka dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut:
a. Terdapat pengaruh yang signifikan dari peran serta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap penumbuhan dan pengembangan Koperasi/UKM/UMKM.
b. Terdapat hubungan positif antara peran serta dan penumbuhan Koperasi/UKM/UMKM.
c. Terdapat hubungan positif antara peran serta dan pengembangan UMKM.

Hubungan dari ketiga variabel penelitian tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:





Keterangan :
X = Peran serta
Y1 = Penumbuhan
Y2 = Pengembangan
Catatan :
X dapat berwujud : - Bantuan Materil
- Bantuan Program /Bantuan Non Materiil
Y1 dapat berwujud : - Pemanfaatan Bantuan
- Bertambahnya Koperasi/UKM/UMKM
Y2 dapat berwujud : - Bertambahnya peringkat UMKM
- Kesejahteraan Pengelola UMKM
- Kesejahteraan Masyarakat
Dari gambar tersebut peneliti untuk mencari hubungan (korelasi) sebagai berikut:
a. Satu variabel independen X dan variabel dependen yaitu Y1 dan Y2.
b. Untuk mencari hubungan X, Y1, dan Y2, peneliti menggunakan teknis korelasi sederhana.
c. Untuk hubungan X, Y1, dan Y2 secara serentak bersama digunakan korelasi berganda.



E. Landasan Teori dan kerangka konseptual
Setiap organisasi menginginkan keberhasilan dalam setiap pencapaian visi dan misinya. Adapun suatu organisasi termasuk perguruan tinggi merupakan suatu sistem. Mengutip pendapat Elias M. Awad, Drs. Tatang M. Amiris (1996:22), bahwa ciri-ciri pokok suatu sistem antara lain, mempunyai dua atau lebih subsistem. Dan setiap subsistem terdiri lagi atas subsistem yang lebih kecil dan seterusnya. Dalam sistem terdapat saling kaitan yang satu sama lain saling bergantung dan juga interaksi antara sistem dengan lingkungan.
Menurut Wiliam A. Shrode dan Dan Voich, Jr, sistem itu mempunyai ciri” purposive behavior” , “Wholism” terbuka, melakukan kegiatan transformasi, saling berkaitan, dan mempunyai mekanisme kontrol. Dalam hal ini UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai suatu sistem terbuka dalam kegiatannya telah melaksanakan kegiatan transformasi, berhubungan dan berkomunikasi dengan masyarakat yang antara lain melalui suatu mekanisme pengabdian masyarakat oleh unit LPM. Sistem terbuka ini adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungannya yang berpegang kepada eksistensi dan keberhasilan penerapan visi dan misi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Di dalam proses globalisasi ekonomi muncul usaha-usaha seperti manajemen strategis yang bertujuan untuk mengadakan peramalam (forescast) yaitu untuk menyelidiki hubungan natara organisasi dengan pasar, pemasok, dan pelanggan ( Tilar, 1982:25)
Tujuan komunikasi keorganisasian antara lain untuk memberikan informasi baik kepada pihak luar maupun pihak dalam, memanfaatkan umpan balik dalam upaya proses pengendalian manajemen, mendapatkan pengaruh, sebagai alat untuk memecahkan persoalan untuk pengambilan keputusan, mempermudah pembentukan kelompok-kelompok kaya serta dapat dijadikan untuk menjaga pintu keluar-masuk dengan pihak-pihak luar organisasi. Komunikasi di dalam suatu organisasi memiliki beberapa arah yaitu ke bawah, ke atas, ke samping, dan keluar (Husein Umar, 1999:27).
Dalam hal peran serta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berkontribusi menumbuhkan dan mengembangkan Koperasi/UKM/UMKM berarti melakukan komunikasi ke laur, dimana memiliki suatu sistem melalui suatu unit kerja tertentu antara lain Koperasi/UKM/UMKM. Pemberdayaan Koperasi//UKM/UMKM dan koperasi merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian besar rakyat Indonesia, khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan dan tingkat kemiskinan. Dengan demikian upaya untuk memberdayakan Koperasi/UKM/UMKM harus terencana, sistematis, dan menyeluruh baik pada tataran makro, meso, dan mikro. Bilamana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat melakukan penumbuhan dan pengembangan Koperasi/UKM/UMKM. Maka sangat besar artinya bagi perekonomian di sekitar kampus, kesejahteraan masyarakat, dan tentu meningkatkan ketuhanan, ketertiban, dan keamanan lingkungan.

F. Metode Penelitian
Untuk mengembangkan penelitian sebagaimana tujuan penelitian maka digunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan motivasi survey yang dilaksanakan secara deskriptif yaitu memberikan gambaran mengenai tiga variabel yang dihubungkan yaitu peran UIN Syarif Hiadaytullah Jakarta sebagai variabel bebas dan dua variabel terikat yaitu penumbuhan dan pengembangan Koperasi/UKM/UMKM.

G. Organisasi Pelaksanaan Penelitian

Ketua Tim : Indoyama Nasaruddin, SE, MAB
Anggota : Amir Syarifuddin, SH,MM
Drs. Slamet Riyadi, MM
Drs. Aminuddin,SH,M.A
H. Waktu Pelaksanaan Penelitian
Penelitian dimulai pada pertengahan Juni s/d akhir Desember 2010 dengan perincian
sebagai berikut:
Penelitian dimulai pada pertengahan Mei s/d akhir September 2010 dengan perincian sebagai berikut:

No Kegiatan Juni-Juli Agus-Sept Oktober November Desember Ket
3 4 3 4 3 4 3 4 3 4
1 Persiapan
2 Pertemuan Tim (1)
3 Penyusunan desain penelitian
4 Pembuatan instrument penelitian
5 Latihan dan pengarahan kepada Field Workers
6 Pengumpulan data
7 Pengolahan data
8 Pertemuan tim (2)
9 Penyusunan draft penelitian
10 Seminar hasil penelitian
11 Pertemuan tim (3)


12 Penyusunan laporan hasil penelitian
13 Penyerahan hasil penelitian




I. Anggaran dana yang dibutuhkan
No Upah/Jasa Kerja Tim Jumlah
Bulan Biaya Ket
1 Ketua Tim (1 orang) 6 Bulan Rp 26.000.000.
2 Anggota (4 orang) 6 bulan Rp 80.000.000
3 Staf (Field Workers) – 3 orang 6 Bulan Rp 12.000.000.
4 Pengadaan ATK 1 Bulan Rp 5.000.000.
5 Penggadaan dan Penjilidan 1 Bulan Rp 5.000.000.
6 Biaya Pertemuan 6 Bulan Rp 7.000.000.
7 Biaya Seminar 1 Bulan Rp. 7.000.000
8 Transportasi 6 Bulan Rp. 5.000.000
9 Lain-lain - Rp. 3.000.000
Total Rp. 150.500.000

J. Rancangan Penelitian

DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Penelitian
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Kegunaan Penelitian
BAB II LANDASAN TEORITIK, KERANGKA KONSEPTUAL, DAN HIPOTESIS PENELITIAN
A. Deskripsi Teoritik
B. Kerangka Konseptual
C. Hipotesis Penelitian
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
1. Waktu Penelitian
2. Jadwal Penelitian
B. Populasi dan Sampel
1. Populasi
2. Sampel
C. Metode Penelitian
D. Teknik Penelitian
1. Wawancara
2. Angket
E. Instrumen Penelitian
1. Sample Random Sampling
2. Instrumen Penelitian
3. Uji Validitas
4. Reabilitas


BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Deskripsi Data
B. Pengujian Persyaratan Statistik
C. Pengujian Hipotesis
D. Interpretasi Hasil Penelitian

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
















DAFTAR PUSTAKA SEMENTARA
1. Dokumen
1) UU No. 9 Tahun 1996 tentang UMKM.
2) UU RI NOMOR 25 TAHUN 1992 Tentang Perkoperasian.
3) Peraturan Pemerintah No.101 Tahun 2000
4) Inpres No 10 Tahun 1999 tentang UKM
5) Keputusan Presiden RI Nomor 031 Tahun 2003 Tentang Perubahan IAIN menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
6) Keputusan Menteri Agama RI. Nomor 414 Tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
7) Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatulah Jakarta Nomo 170 Tahun 2007 tentang Pedoman Akademik Tahun 2007/2008 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
8) Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2005, Panduan Penulisan Skirpsi

2. Buku
1) Amirin Tatang M, 1996, Pokok-Pokok Teori Sistem, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
2) Flippo, Edwin B, 1995, Principle of Personal Management, six Editiom, cetakan kedelapan, Jakarta, Erlangga.
3) Ropke, Jochan, 2003, Ekonomi Koperasi-Teori dan Manajemen, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
4) Sartika, Partono, 2004, Ekonomi Skala Kecil Menengah dan Koperasi, Graha Indonesia, Bogor
5) Sugiyono, 1997, Metode Penelitian, Alfabeta, Bandung
6) Weither, William, B, JE dan Davish Keith, 1996. Human Resource and Personal.

1 komentar:

KOMMEN ANDA MEMBANGUN